Spread the love

Cara Minum Sarang Semut

cara minum sarang semut
cara minum sarang semut

Beragam sekali khasiat yang dimiliki tumbuhan epifit sarang semut ini menjadi alasan banyaknya orang yang ingin mencoba produk ini dan merasakan sendiri manfaatnya. Konsumsi produk ini secara rutin akan bisa membantu kebugaran tubuh. Cara penyajian yang cepat dan mudah akan sangat membantu Anda yang tidak rawatan memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan kesehatan. Berbagai produk sarang semut telah banyak beredear di pasaran, mulai yang bentuk kering, serbuk kering, bentuk kapsul, dan bahkan teh celup yang siap saji. Produk yang sudah banyak dikenal ini memang dipercaya dan sudah terbukti mampu memulihkan kondisi tubuh karena penyakit yang berat maupun penyakit yang ringan. Walaupun sudah diproses menjadi bentuk yang berbeda, namun tumbuhan sarang semut ini masih memiliki banyak khasiat dan manfaat sarang semut yang berguna bagi tubuh.

Sarang semut sifat pengolahan yang masih segar akan menghasilkan warna dan aroma harum yang khas, memiliki cita rasa agak pahit dan segar. Tetapi, untuk dikonsumi sarang semut umumnya dipakai dalam bentuk kering atau simplisia. Berikut beberapa cara pengolahan dan pemakaian sarang semut.

1. Sarang Semut Bentuk Kering/Lempeng

a. 100 gram sarang semut dicuci dengan air bersih yang mengalir.

b. Setelah dicuci rebus sarang semut dengan air 1 liter pada wadah kaca atau gerabah (bahan tanah liat) atau panci lain, kecuali panci dari logam.

c. Hasil yang terbai direbus pada suhu 90 derajat Celcius ( pada perebusannya disarankan jangan sampai airnya terlalu mendidih sampai keluar gelembung – gelembung).

d. Tunggu air susut menjadi 0,5 liter.

e. Saring hasil rebusan dan minum saat hangat 250 ml (0,5 liter digunakan 2 kali minum). Warna dan rasa sama dengan teh hitam pekat sedikit kemerahan dan agak pahit.

Sarang semut kering boleh direbus berulang – ulang maksimal 2 x rebusan, setelah 3 x rebusan banyak kandungan yang terbuang, sehingga khasiat obta sarang semut menurun, warna air rebusan juga lebih memudar. Kandungan zat yang paling baik adalah pada saat perebusan pertama. Jika mau mengkonsumsi lagi rebus sarang semut yang baru. Jangan menjemur ulang sarang semut yang sudah direbus karena sudah kandungan zat aktifnya sudah hilang. Aturan pemakaina hasil rebusan sarang semut ini dapat dilakukan sesuai tujuannya, untuk peneyembuhan minum 3 x sehari, sedangkan untuk kebugaran dan pencegahan penyakit minum 1-2 x sehari.

2. Sarang Semut Bentuk Serbuk

a. Masukkan 1 sendok makan bubuk sarang semut, dimasukkan ke dalam pot tanh/panci.

b. Tambahakna 2 gelas air atau kurang lebih (500 ml) air. Biarkan sebentar.

c. Perebusan dimulai bila air telah meresap ke dalam bahan.

d. Lakukan perebusan dengan api kecil, maksudnya agar zat berkhasiatnya dapat secara lengkap dikeluarkan dalam air rebusan.

e. Air rebusan disisakan setengahnya, dinginkan saring dan siap untuk dihidangkan.

f. Bisa ditambahkan madu atau gula sebagi pemanis.

Aturan pemakaiannya untuk pencegahan minum 3 gelas sehari, untuk penyembuhan minum 3-8 gelas sehari. Tidak dilaporkan adanya efek samping dalam pemakaian ini. Tetapi, belum diketahui efek terhadap janin, sehingga sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi sarang semut.

3. Sarang Semut Bentuk Kapsul

Produk sarang semut bentuk kapsul sudah banyak beredar di pasaran, sehingga memudahkan kita untuk membeli dan mengkonsumsinya. Untuk para penderita penyakit berat, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kapsul ini h 3 kali sehari, dengan mengkonsumsi 1-2 kapsul untuk sekali minum. Sedangkan untuk pencegahan dan peningkatan stamina cukup sehari sekali sebanyak 1 kapsul.

4. Sarang Sarang Semut Bentuk Teh Celup

Teh Celup Sarang Semut juga sudah banyak beredar di pasaran, dengan berbagai merk. Bentuk ini memang lebih ekonomis dan mudah dalam penyajian. Kita tinggal menyeduh tiap sachet teh sarang semut dengan air mendidih seperti menyeduh teh, dan bisa ditambahkan gula atau madu. Tetapi, ada beberapa kekurangan, yaitu sulit mengetahui kualitas sarang semut yang digunakan karena sudah berupa kemasan.

5 Dosis Sarang Semut

Secara umum, anak – anak usia di bawah 10 tahun diberi minum setengah takaran dewasa dengan dosis penggunaannya adalah sebagi berikut.

a. Untuk penyembuhan minumlah air hasil rebusan tersebut secara teratur 2-3 x sehari hingga sembuh dan setiap takaran obat hanya untuk satu kali pemakaian.

b. Untuk pencegahan dapat diminum secara teratut 1-2 kali seminggu agar tetap sehat dan bugar.

Dalam mengkonsumsi sarang semut harus dibarengi dengan banyaknya minum air putih dan makan yang bergizi supaya membantu proses pengeluaran racun dan memperbaiki fungsi tubuh lainnya. Sarang Semut dapat dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan. Sedangkan lama pengobatan memang perlu waktu. Umumnya, tumbuhan obat dalam bentuk simplisia memiliki hasil pengobatan yang terlihat begitu lambat. Akan tetapi, sebenarnya ia memiliki sifat yang konstruktif. Sedangkan obat kimia memiliki cara dan hasil kerja yang cepat, tetapi dengan sifat desktruktif. Itulah sebabnya mengapa tumbuhan obat tidak diperkenankan dalam penanganan berbagai penyakit yang sudah akut. Untuk penyakit atau infeksi akut diperlukan adanya kerjasama antara obat kimia dengan tumbuhan obat. Pada dasarnya tumbuhan obat digunakan untuk merawat kesehatan serta pengobatan penyakit yang tidak bisa sembuh dengan pengobatan kimia. Penggunaan tumbuhan obat dapat dikombinasikan dengan obat kimiawi, tetapi perlu diperhatikan pemakaiannya. Untuk mengkonsumsi tidak boleh diminum bersamaan, berikan jed waktu antara 1-2 jam pada tiap pemakaian.

Bagaimanakah caranya Anda mendapatkan sarang semut dengan kualitas terbaik asli langsung diambil dari alam? caranya adalah tidak usah repot Рrepot Anda pergi ke hutan dan pesan segera sarang semut  produk herbal kami di www.manfaatsarangsemut.net  atau hubungi ke customer service kami yang cepat tanggap dan ramah pelayanannya di nomor handphone 0823 5162 8800 & 0877 2691 0332 atau pin BBM 536DB6E3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *