Cara Meminum Sarang Semut

Spread the love

Cara Meminum Sarang Semut

cara meminum sarang semut
cara meminum sarang semut

Ada beberapa masyarakat yang bertanya mengenai bagaimana cara meminum sarang semut yang mudah dan praktis? Sebagaimana kita tahu, sesungguhnya sarang semut adalah salah satu obat herbal yang dipercaya mempunyai banyak kegunaan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sejak jaman dahulu kala, sarang semut sudah dikonsumsi oleh Suku Dayak di Kalimantan dan suku pedalaman di Papua untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami. Mereka terlebih dahulu mengkonsumsi sarang semut sebagai terapi pengobatan sebelum mengunjungi dokter.

Bahkan, cara meminum sarang semut ini pun banyak diambil dari kebiasaan mereka. Sarang semut adalah sejenis tanaman epifit yang tumbuh pada batang sebuah pohon. Meskipun dia tumbuh pada sebuah pohon sebagai inangnya, dia bukan parasit seperti benalu yang mengambil makanan dari inangnya. Pohon itu justru digunakan untuk tempat tumbuh sarang semut saja. Ada simbiosis yang unik antara pohon sebagai inangnya dengan tumbuhan sarang semut. Dan juga antara tumbuhan sarang semut dengan koloni semut yang mendiaminya.

Di dalam tumbuhan sarang semut terdapat rongga yang menyerupai labirin. Di sinilah semut-semut tinggal dan membentuk koloni. Suhu yang stabil pada tumbuhan sarang semut membuat semut betah berlama-lama tinggal di dalamnya. Selain itu, tumbuhan sarang semut mengeluarkan zat gula yang disukai sarang semut. Begitupun sebaliknya. Semut-semut yang tinggal dan berkoloni di dalamnya mengeluarkan kotoran. Kotoran tersebut yang menjadi gizi bagi tumbuhan sarang semut.

Sarang semut adalah tumbuhan berbentuk umbi dimana diseluruh tubuh luarnya ditumbuhi duri. Tumbuhan sarang semut banyak ditemukan di hutan dimana dia tumbuh pada sebuah pohon yang mempunyai ketinggian kurang lebih 10 meter. Memiliki intensitas cahaya yang rendah, suhu yang rendah namun dengan kelembaban yang tinggi. Ketika masih muda, mempunyai panjang sekitar 5 cm dengan diameter sepanjang 3-5 cm. Sedangkan ketika telah tua dan matang, mempunyai panjang sekitar 50 cm dengan diameter sepanjang 15-30 cm.

Sarang semut berasal dari kepulauan Solomon di Pasifik dan Kepulauan Besar di Queesland Australia. Namun penyebarannya justru banyak tersebar di daerah Asia Tenggara. Seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Malaysia serta Indonesia. Di Indonesia sendiri, banyak tumbuh di Sumatra, Jawa, Flores, Maluku, Sulawesi, Kalimantan dan Papua. Sarang semut dengan kualitas bagus dari Indonesia ada di hutan Meratus Kalimantan dan Pegunungan Jayawijaya di Papua.

Dari berbagai riset, sarang semut bagus dikonsumsi untuk obat berbagai macam penyakit. Untuk penyakit tumor ganas, kangker, diabetes militus, meningkatkan gairah seksual, meningkatkan stamina yang loyo, sakit lambung, magh, TBS, mimisan, bersin-bersin, alergi hidung, memperlancar ASI, sakit kepala, migrain, dan berbagai keluhan sakit lainnya.

Silahkan Dibaca Juga :

Cara Meminum Sarang Semut Dengan Lengkap Dan Praktis

Untuk cara meminum sarang semut dari produk saya sebenarnya praktis dan mudah asalkan ada niat untuk sembuh, dan sebenar – benarnya kepatenan dan kemujaraban obat herbal sarang semut adalah langsung dari tumbuhannya juga lah yang dikonsumsi. Untuk cara meminum sarang semut lebih lengkap, silahkan disimak pembahasan dibawah ini:

1. Untuk melakukan terapi awal, ambilah sarang semut lalu dihancurkan halus – halus dengan ukuran sekitar 2 sendok makan(pakai tangan saja menghaluskannya, cabut sarang semut sampai sarang semutnya berbentuk serpihan berukuran kecil),

2. Setelah dihaluskan sediakan dua gelas air putih kira – kira ukuran 250 cc, lebih juga boleh, lalu rebus air putih itu hingga mendidih di suatu wadah seperti panci kecil, setelah mendidih masukkan serpihan sarang semut tadi.

3. Tunggulah sekitar 1 – 2 menit sampai air rebusan sarang semutnya berubah warna menjadi coklat tua.

4. Setelah itu saring serpihan sarang semut tadi dan tunggulah air rebusan tadi agak hangat atau mendingin.

5. Setelah air rebusan sarang semut tadi dingin, bisa langsung Anda minum.

6. Bagi Anda yang sedang terkena penyakit berat, disarankan mengkonsumsi sarang semut setiap 3 x sehari yaitu pagi, siang, dan malam. Mengkonsumsinya setelah Anda makan, apabila berbarengan dengan obat dari dokter, berilah jeda waktu 2 jam untuk mengkonsumsi sarang semut. Minum obat dari dokter dulu, lalu setelah 2 jam kemudian baru diminum air rebusan sarang semutnya. Kenapa jadi harus menunggu, karena agar obat yang diresepkan oleh dokter itu meresap dengan baik di tubuh Anda dan juga sarang semut meresap di tubuh Anda dengan maksimal.

7. Bagi Anda yang sedang terkena penyakit ringan, bisa saja 2 x sehari yaitu bisa pagi dan malam atau bisa juga siang dan malam.

8. Bagi Anda yang ingin menjaga kualitas kesehatan Anda atau menjaga kesehatan Anda, bisa saja mengkonsumsi 2 – 3 kali seminggu.

9. Untuk takaran anak – anak yang berusia 1 sampai 10 tahun, takarannya 1 sendok makan saja.

10. Bilamana Anda ingin menggunakan air panas saja seperti air panas di termos dan dispenser, pastikan airnya mencapai 100º Celcius.

11. Apabila serpihan sarang semut tidak berwarna lagi, itu sudah habis khasiatnya. Sarang semut dapat di pakai 2 kali saja apabila direbus dan dapat dipakai 4 kali apabila dengan air panas yang ada di dalam termos atau dispenser.